Plataran

Rabu, 10 November 2010

Merawat Acuu Mobil

Sebagai salah satu komponen penting dalam kendaraan adalah aki, ia berfungsi sebagai sumber kelistrikan utama untuk menyalakan mobil Anda, memberikan penerangan, menyalakan audio dan fungsi pengamanan mobil. Ada bagian lain pada mobil yang fungsinya mirip dengan aki, namanya alternator. Aki dan alternator bekerjasama dalam menyuplai listrik pada mobil.
Jadi penting bukan merawat aki mobil anda? Apalagi harga aki yang lumayan menguras  isi dompet anda. Ada 2 jenis aki yang umum dijumpai, yaitu aki basah ( konvensional ) dan aki kering ( bebas perawatan ), sekarang ini beberapa produsen mobil mulai menciptakan aki hybrid….sebenarnya aki ini mirip dengan aki konvensional hanya daya kerja dan perawatannya sedikit lebih rendah.
Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menambah umur aki anda.
  1. Saat mobil dalam kondisi mati, matikan pula semua komponen yang membutuhkan tenaga dari aki, seperti audio, lampu dan sebagainya. Hindari menyalakan kunci kontak dalam posisi Acc ( asesoris ) karena ini memboroskan kinerja aki.
  2. Untuk aki basah, selalu periksa level air dalam aki, usahakan dalam rentang lower dan higher. Pada waktu menambah air aki, usahakan tidak tumpah di sekitar aki, karena dapat menimbulkan sifat korosif besi di sekitarnya, jika bisa lepas dahulu aki dari tempatnya. Hal ini juga memungkinkan anda untuk memeriksa seluruh badan aki dari kemungkinan bengkak atau bocor.
  3. Periksa dan bersihkan jika ada kotoran pada kepala aki. Cek apa sambungannya tetap terikat dengan kuat… Jika terdapat kotoran yang melekat kuat, sikat dengan sikat kawat, cuci dengan air panas dan keringkan lalu pasang kembali.
  4. Untuk mobil yang jarang dipakai sebaiknya panaskan mobil setiap pagi hari antara 10 – 15 menit, selain mempertahankan umur aki juga menjaga kondisi oli tetap baik. Jika tidak dipanaskan dalam waktu lama, lepas kepala negatif aki.
  5. Periksa pegangan aki agar tidak terlalu kuat atau terlalu longgar.
  6. Untuk memasang aki, sambungkan terlebih dahulu kepala positif, kencangkan lalu pasang kepala negatifnya. Untuk melepas aki lakukan sebaliknya, kepala negatif dahulu baru kepala positif.
  7. Setelah 6 bulan pemakaian, periksalah berat jenis aki, biasanya timbangan ini ada di bengkel khusus aki. Jika dibawah standar, gantilah aki tersebut.
Untuk aki kering, pasti anda tidak perlu melakukan tips diatas, karena aki kering bebas perawatan ( MF ), tapi anda harus membelinya dengan harga yang jauh lebih mahal dari aki basah. Nah selamat mencoba…. sumber mobile88
http://www.e-hargamobil.com/2010/05/batteries-prices-harga-accu-gs-astra.html# 

Artikel tentang perawatan ACCU nih..

Jenis accu pada dasarnya dibagi menjadi dua macam yaitu : dry battery dan wet battery. Saat ini telah dikembangkan accu dengan charge indicator. Dengan menggunakan charge indicator maka tingkat keasaman cairan elektrolit dapat diketahui. Berdasarkan tegangannya, accu yang umum digunakan pada kendaraan dibagi menjadi 6 volt, 12 volt, dan 24 volt. Accu dapat digunakan pada beberapa tingkatan mulai dari 40 Ah-120 Ah.

Cara Merawat Accu[list=1]
  • Hindari accu dari getaran, karena accu sangat sensitive terhadap getaran. Getaran dapat mengakibatkan plat-plat dalam accu rontok.
  • Cairan elektrolit diusahakan jangan sampai kurang atau lebih dari ukuran yang telah ditetapkan. Jangan sampai plat yang terdapat dalam accu tidak terendam cairan elektrolit. Apabila plat tersebut tidak terendam dan kering, maka dapat timbul oksidasi yang menyebabkan plat menjadi rusak. Sebaliknya apabila accu diisi terlalu penuh dan meluap dapat mengakibatkan kerusakan komponen bodi. Tekanan air accu yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada rumah accu.  
Cek cairan elektrolit dengan hidrometer untuk mengetahui apakah berat jenis cairan masih sesuai dengan standar yang ditentukan. Apabila berat jenisnya sudah menjadi satu, cairan harus segera diganti, karena cairan tersebut dapat menyimpan aliran listrik.
  • Sebaiknya tidak menggunakan energi listrik secara berlebihan karena dapat mengurangi berat jenis cairan elektrolit. Apabila pemakaian listrik lebih besar dari pemakaian normal, sebaiknya accu dan alternator diganti dengan kapasitas yang lebih besar. Berat jenis accu akan tetap sebesar 1.26 apabila pemakaian seimbang.
  • [/list=1]
     
Semula diposting oleh naim
Menambah info tentang perawatan accu dari om Feri:

Ada hukum yg menarik tentang accu ini, yaitu umur accu berbanding terbalik dengan suhu ambient (suhu ruangan). artinya .. semakin tinggi suhu ruangan umur aki akan semakin pendek, sebaliknya ..  klo suhu ruangan terjaga disuhu kerja accu .. maka live time accu semakin panjang.

Keterangan tsb saya dapat dari manual sheet accu Oerlikon (accu yg banyak digunakan utk peralatan telekomunikasi) mestinya karakteristiknya juga tidak berbeda dg accu2 yg lain. CMIIW

Mungkin ada yg mau ber-eksperiment dengan meletakan accu didalam kabin mobil? ato membuat box khusus didalam kap mesin supaya suhu accu tetap dingin dan membuktikan apakah umur accu bisa jadi lebih panjang ...   Smiley

Sbg tambahan info, utk accu Oerlikon tadi menurut manual sheet bisa beroperasi selama 15 tahun dengan catatan suhu kerja ruangan terjaga (+/- 18 derajat celcius)

mau coba ?
 

0 komentar:

Posting Komentar