Plataran

Kamis, 30 September 2010

Kaya di Usia Muda, Tidak ada kata/perilaku Malas

.LIVE begins at fourty.Ya, itulah teori yang sering diyakini banyak orang tentang kesuksesan. Mereka memahami bahwa kesuksesan biasanya dicapai pada usia 40 tahun.

Di usia tersebut, seseorang diyakini bakal mencapai puncak karier. Teori sukses di usia 40 tidak berlaku bagi anak-anak muda yang berhasil menjadi miliarder di dunia. Berdasarkan pemeringkatan majalah Forbes, sederet orang yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia bahkan masih berusia 25 tahun. Usia yang lazimnya bagi kebanyakan orang baru mulai meniti karier. Sebut saja Mark Zuckerberg, pendiri situs jejaring sosial Facebook. Meski usianya baru 25 tahun, kekayaan pria berkewarganegaraan Amerika Serikat (AS) ini sudah mencapai USD4 miliar atau setara dengan Rp36,4 triliun (berdasarkan kurs 20/3/2010).

Kesuksesan Zuckerberg sering terdengar. Namanya juga sudah beberapa kali masuk dalam daftar orang terkaya versi majalah Forbes. Zuckerberg meraih kekayaan tersebut bukan karena warisan orang tua, melainkan atas jerih payahnya sendiri. Situs jejaring sosial Facebook, yang dikembangkan sejak di asrama mahasiswa Universitas Harvard pada 2004 itu, yang awalnya hanya digunakan untuk jejaring antarmahasiswa tersebut, kini menjelma menjadi situs jejaring publik di dunia. Tentu saja, Facebook menjadi tambang emas bagi anak muda kelahiran White Plains, New York, 14 Mei 1984 ini. Hingga saat ini nilai transaksi bisnis Facebook mencapai USD15 miliar.

Dalam deretan 10 besar, orang terkaya di dunia yang berusia muda dan dari usahanya sendiri juga ada nama Yoshikazu Tanaka. Pria berkewarganegaraan Jepang yang berusia 33 tahun ini seolah mengikuti jejak kesuksesan Zuckerberg dalam mengembangkan situs jejaring sosial. Bedanya, Tanaka membuat situs jejaring sosialnya dalam versi Asia (Jepang) dengan nama Gree. Saat ini GREE telah menjadi sumber kekayaan Tanaka hingga USD1,4 miliar (Rp12,74 triliun) atau nyaris dua kali lipat dibanding dengan USD850 juta yang dia miliki tahun lalu.

Tanaka mendapatkan kekayaan setelah Gree, situs jejaring sosial miliknya, mendadak populer dan harga sahamnya melonjak. Padahal, Gree merupakan proyek hobi yang dia kerjakan saat masih bekerja di Rakuten, situs belanja milik Hiroshi Mikitani, orang terkaya keenam di Jepang. Kini situs jejaring sosialnya sudah memiliki 15 juta pengguna (naik hampir dua kali lipat dibanding 2009).

Di jejaring sosial itu, pengguna bisa mengubah-ubah avatar game mereka dengan membeli baju dan aksesori untuk itu. Tanaka bisa dikategorikan sebagai anak muda terkaya nomor dua di dunia karena usahanya sendiri setelah Zuckerberg. Pria yang sebelumnya pernah bekerja di perusahaan Sony ini kini bisa menikmati kekayaannya sendiri dan masuk dalam daftar miliarder termuda.

Karena Warisan
Meski tidak sedikit pengusaha muda yang berhasil masuk dalam daftar miliarder termuda di dunia, banyak di antara mereka yang meraih kekayaan karena faktor warisan orang tua. Untuk peringkat miliarder termuda dengan usia 25–36 tahun, setelah Zuckerberg ada nama Albert von Thurn und Taxis, anak muda Jerman berusia 26 tahun yang memiliki kekayaan mencapai USD2,2 miliar (Rp20,2 triliun).

Berdasarkan kekayaan, Albert von Thurn und Taxis berada di urutan ke-437 orang terkaya di dunia. Taxis pertama muncul dalam daftar anak muda terkaya versi Forbes pada usia 8 tahun. Namun, secara resmi dia mendapatkan warisan kekayaan pada Juni 2001 ketika ulang tahunnya yang ke-18. Aset kekayaan yang dia miliki termasuk real estat, benda seni, sebuah perusahaan teknologi, dan 30.000 hektare tanah hutan di Jerman, yang merupakan salah satu hutan terbesar di Eropa. Lalu ada Yang Huiyan (29), perempuan pengusaha berkebangsaan China yang berada di urutan ketiga untuk miliarder termuda dengan nilai kekayaan mencapai USD3,4 miliar (Rp31 triliun).

Berdasarkan kekayaan, Huiyan berada di peringkat ke-277 orang terkaya di dunia. Perempuan lulusan Ohio State University, AS ini memiliki kekayaan karena statusnya ahli waris real estat ayahnya, Yeung Kwok Keung, yang merupakan CEO Country Garden pada 2007. Karena itu, Huiyan sejak 2007 menjadi anak muda terkaya di Negeri Tirai Bambu. Di urutan keempat anak muda terkaya di dunia ditempati pengusaha Libanon Fahd Hariri (29), yang kini tinggal di Prancis dengan kekayaan sebesar USD1,4 miliar (Rp12,74 triliun). Berdasarkan jumlah nilai kekayaan Fahd Hariri berada di peringkat ke-721 dunia. Anak bungsu dari mantan Perdana Menteri Libanon Rafiq Hariri ini mewarisi perusahaan konstruksi, telekomunikasi, real estat Saudi Oger milik ayahnya setelah wafat pada 2005.

Sementara itu, saudara Fahd Hariri, yakni pengusaha Arab Saudi Aymin Hariri (31), berada di urutan keenam dalam daftar miliarder termuda dengan nilai kekayaan sebesar USD1,4 miliar (Rp12,74 triliun). Aymin Hariri berada di peringkat ke-721 dunia. Serupa dengan adiknya, Aymin mendapat peninggalan warisan senilai USD16,7 miliar pada 2005. Kini Aymin tinggal di Riyadh, Arab Saudi membantu usaha keluarganya untuk berinvestasi di bidang telekomunikasi, media, dan real estat. Kemudian anak muda terkaya di urutan kelima ditempati pengusaha China Li Zhaohui dengan nilai kekayaan sebesar USD1,0 miliar (Rp9,1 triliun).

Berdasarkan nilai kekayaan Zhaohui berada di peringkat ke-937 dunia dalam daftar orang terkaya di dunia. Zhaohui mengambil alih posisi CEO atas perusahaan Shanxi Haixin Iron & Steel Group setelah ayahnya tewas tertembak pada 2003. Haixin yang berkantor pusat di Provinsi Shanxi, merupakan perusahaan manufaktur baja terbesar di China. Dalam daftar anak muda terkaya juga muncul nama pendiri Google Sergey Mikhailovich Brin (36), dengan nilai kekayaan sebesar USD17,5 miliar (Rp159,6 triliun). Pemuda berkewarganegaraan AS ini berada di peringkat ke-24 besar untuk daftar orang terkaya berdasarkan nilai kekayaan. Nama pengusaha AS lain yang masuk daftar anak muda terkaya adalah John D Arnold (36), dengan nilai kekayaan USD4,0 miliar (Rp36,4 triliun).

Berdasarkan nilai kekayaan, Arnold berada di peringkat ke-212. Arnold mendirikan perusahaan Centaurus Energy pada 2002 setelah di-PHK dari perusahaan Enron. Perusahaannya menghasilkan laba sebesar 85% pada 2008 dan 26% pada 2009 terhitung sampai September. Hingga saat ini aset yang dimiliki sebesar USD5,5 miliar. Lalu, pengusaha Ukraina Kostyantin Zhevago (36), berada di posisi berikutnya untuk daftar miliarder termuda dengan nilai kekayaan USD1,2 miliar (Rp10,9 triliun) dan berdasarkan nilai kekayaan berada di urutan ke-828 dunia.

Zhevago memulai kesuksesan ketika menduduki jabatan direktur keuangan pada bank Finance & Credit pada 1992 ketika baru berusia 19 tahun. Dia akhirnya memegang kendali mayoritas dari grup perusahaan itu. Zhevago berhasil memulihkan perusahaan Ferrexpo, yang merupakan produsen bijih besi, setelah kolaps pada 2008. Zhevago akhirnya mengambil alih posisi sebagai CEO di perusahaan itu.

Dominasi China
Dalam daftar miliarder termuda dengan batasan umur di bawah 40 tahun, pengusaha muda dari China mendominasi daftar pemeringkatan versi Forbes pada 2010. Dibanding AS dan Rusia, jumlah miliarder muda China lebih banyak. Setidaknya ada 29 pengusaha muda yang masuk dalam daftar miliarder dengan usia di bawah 40 tahun dan penghasilan di atas USD1 miliar. Delapan pengusaha muda berkewarganegaraan dan tinggal di China yakni Yang Huiyan, Li Zhaohui, Fang Wei, Xian Yang, Chen Tianqiao (37), Ma Huateng (38), William Ding (38), dan Zhang Zhidong (38).

Di urutan kedua komposisi pengusaha muda terbanyak dengan usia di bawah 40 tahun adalah AS dan Rusia yang sama-sama memiliki lima pengusaha muda. Untuk AS di antaranya Zuckerberg, Brin, Arnold, Larry Page (37), dan Daniel Ziff (38). Sedangkan pengusaha muda Rusia di antaranya Sergei Popov (38), Andrey Melnichenko (38), Andrei Molchanov (38), Danil Khachaturov (38), dan Igor Altushkin (39). India menyumbang empat nama pengusaha muda yakni Shahid Balwa (36), Malvinder & Shivinder Singh (37), Virendra Mhaiskar (38), dan Vikas Oberoi (39). Balwa menjadi anak pengusaha termuda asal India yang masuk daftar pemeringkatan Forbes.

Meski putus kuliah, tidak membuat langkah Balwa terhenti meraih kesuksesan. Dia bersama keluarganya kemudian pindah dari Gujarat ke Mumbai untuk memulai bisnis restoran. Kemudian mulai merambah bisnis hotel dan akhirnya berpartner dengan Vinod Goenka dalam DB Realty dan juga bidang telekomunikasi DB Etisalat. Perusahaan real estat ini sekarang sedang menggarap proyek pembangunan perumahan seluas 60 juta ha. Termasuk di antaranya sebuah perumahan mewah Turf Estate, 108- storey Park Hyatt Hotel di Mumbai Selatan yang direncanakan pembangunannya selesai pada 2013.

Sementara Jerman, Prancis, Arab Saudi, Jepang, Ukraina, Lebanon, dan Korea Selatan masing-masing menyumbangkan satu nama pengusaha muda yang usianya di bawah 40 tahun yang masuk dalam daftar miliarder termuda. Bisa jadi, Yang Huiyan yang kini baru berusia 29 tahun adalah calon penerus tahta Carlos Slim Helu (70 tahun, sebagai orang terkaya di dunia. Huiyan, pemudi cantik rupawan ini, adalah pemilik sekaligus pemimpin Country Garden Holdings Co., salah satu perusahaan pengembang properti paling top di China.

Menurut Forbes pada Maret 2010, total kekayaan Huiyan mencapai angka 3,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 30 triliun. Kekayaannya meningkat dibandingkan tahun lalu (2,3 miliar dolar AS).

Masih menurut Forbes, kini Huiyan ada di urutan 277, dalam daftar 1.000 orang paling kaya di dunia.

Sedikit kilas balik, Huiyan lahir pada tahun 1981 di Provinsi Guangdong. Ayahnya bernama Yang Guoqiang. Semula, Yang adalah seorang buruh bangunan dan petani miskin. Kemudian, ia beralih menjadi pengusaha batu bata. Lalu, bersama beberapa rekan bisnisnya, membeli tanah dan membentuk perusahaan real estate pada 1997. Sedikit demi sedikit, perusahaan itu tumbuh besar.

Nah, Huiyan memang dipersiapkan untuk menjadi penerus bisnis properti sang ayah. Sejak remaja, ia sering diminta menjadi asisten sang ayah dalam rapat direksi. Selanjutnya, ia mengenyam pendidikan pemasaran dan logistik di Ohio State University, Amerika Serikat. Setelah lulus kuliah (2003), Huiyan segera pulang kampung dan langsung bergabung dalam perusahaan sang ayah. Ia diserahi tanggung jawab mengelola bisnis logistik dan mengembangkan perusahaan.

Pada tahun 2004, sang ayah jatuh sakit dan harus mendapatkan perawatan medis. Sejak saat itu, Huiyan mulai belajar mengontrol perusahaan.

Tak lama kemudian, Huiyan memperoleh hadiah transfer 58 persen saham Country Garden Holdings Co. dari sang ayah. Transfer berlangsung ketika perusahaan ayahnya melakukan penawaran saham perdana (IPO) di bursa saham Hong Kong. Nilai saham tersebut melejit hingga 35 persen dan akibatnya, dalam semalam nama Yang Huiyan tercatat sebagai salah satu perempuan paling kaya di China dan Asia. Namanya terkenal ke seluruh pelosok negara dan dunia.

Mendapat status "orang kaya" di usia muda, tidak membuat Huiyan malas. Ia malah semakin giat bekerja. Perusahaan dimintanya fokus pada pembangunan vila, ruko, dan apartemen-apartemen berukuran besar. Lokasi pembangunan tidak hanya di Guangdong, namun di provinsi lain, seperti Hubei. Tak hanya itu, Huiyan juga mendatangkan tim ahli dari Negara Paman Sam untuk keperluan bisnis dan belajar.

Huiyan sempat menelan "pil pahit" ketika krisis ekonomi merebak pada 2008. Nilai saham perusahaannya seperti terjun bebas. Namun, ia pantang menyerah dan segera bangkit dari keterpurukan.

Segala jerih payah Huiyan tidak sia-sia. Akhir bulan lalu, Country Garden Holdings Co. dengan bangga mengumumkan kenaikan laba bersih 51 persen menjadi 305 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,75 triliun. Sebelumnya, Country Garden juga mengumumkan bahwa kontrak penjualan mereka telah meningkat 32 persen menjadi 23,2 miliar yuan atau Rp 30 triliun. Ini jauh melebihi target 19 miliar yuan. (fn/ok/cp) http://www.suaramedia.com/

0 komentar:

Posting Komentar