Plataran

Kamis, 18 Agustus 2011

Melakukan Penyetelan Pada Remote Serbaguna Anda


Remote Control menjadi suatu alat yang paling berguna untuk memudahkan kita memindahkan satu acara pada channel tv satu ke lainnya. alat ini menjadi kebutuhan wajib untuk setiap alat elektronik dimasa ini. Salah satu  peruntukan yang paling banyak dibutuhkan adalah Remote TV, rasanya sudah tidak jaman lagi untuk kita harus mendaki tv untuk memindahkan channel, semua terasa risih dan capek namun adakalanya alat penting itu hilang atau rusak, untuk membeli alat yang asli rasanya sulit, dibalik kebutuhan itu munculah ide para penemu ahli elektronik untuk membuat alat yang lebih murah dan lebih serbaguna, yap dengan kemudahan itulah bermunculan remote asli tapi palsu yang berfungsi baik sesuai dengan merek dan juga jenis tv ataupun alat elektronik yang ada.

Untuk melakukan penyetelan terdapat langkah-langkah yang perlu kita cermati, semuanya ada pada paket pembelian berupa kertas dan juga stiker dibagian belakang remote kita. Namun tak ada salahnya untuk kita sajikan dalam blog ini, barangkali hilang atau lupa caranya, ayo kita ikut. 

Berikut Penjelasannya (dikutip dari blog cukup terkenal di mesin pencari google.com) :
Saat  ini sudah hampir punah Televisi (TV) yang belum disertai remote, walaupun ada, para pemilik tv ini ingin memasang remot pada TeVe-nya, bisa saja dipasang kalau di pcb tv-nya ada fasilitas infra red-nya (IR), dan supaya mudah remotnya biasanya menggunakan remot serbaguna atau multi (universal) made in china ini, yang di bandrol dengan harga relatif murah.


Selain untuk hal diatas, remot ini juga bisa menggantikan remot tv kita yang hilang, atau untuk para montir tv yang berfungsi untuk ngetes tv atau setting factory. Saat kita membeli remot ini disertakan pula petunjuk cara settingnya supaya remot bisa bekerja pada tv kita, dan cara settingnya ada 2 cara, yaitu:

A. Dengan memasukan kode secara manual untuk mencari tipe yang cocok 
  1. Nyalakan tv-nya, cari kode yang sesuai dengan merk tv pada selembar kertas yang disertakan pada saat pembelian remot. Misal merk tv-nya SHARP maka cari kode pada kolom bertuliskan SHARP.
  2. Tekan dan tahan tombol "SET" (setting) hingga lampu led menyala, atau bisa juga dengan menekan tombol "SET" berbarengan dengan tombol "POWER" pada remot hingga led menyala.
  3. Masukan 3 angka grup pertama kode yang anda pilih. Misalnya 000 atau 018.
  4. Lampu led akan secara otomatis padam ketika anda memasukan 3 angka tersebut.
  5. Coba remotnya dengan menekan tombol apa saja, apakah bekerja secara normal?

Jika tidak, silahkan anda ulangi langkah ke 2, kemudian masukan kode berikutnya sampai remot bekerja normal.Bila kode sudah dianggap cocok dan bekerja normal, catatlah kode tersebut dibalik tutup baterai remot, untuk antisipasi bila remot tidak bekerja akibat salah tekan atau dimainkan anak-anak.

B. Cara aman pemasukan kode secara otomatis untuk mencari tipe yang cocok.
  1. Nyalakan tv-nya, hadapkan remote tepat ke tv.
  2. Tekan tombol "SET" hingga led menyala.
  3. Tekan tombol "VOL+" (volume +) pada remot berulang-ulang, hinga ada tampilan kode volume pada layar tv, misal VOLUME 9.
  4. Tekan tombol "VOL-". Apakah tampilan volume tv jadi turun? Misal jadi VOLUME 8. Kalau volume tidak turun coba ulangi lagi dari langkah ke 3, sampai volume tv bisa naik dan turun satu angka.
  5. Tekan tombol "SET" sampai led padam.
  6. Coba remotnya dengan menekan tombol apa saja. Apakah remot bekerja normal? Bila tidak, coba ulangi lagi.

Nah bagaimana jika ingin menggunakan langkah pertama tapi kodenya alias kertas nya hilang, berarti kita butuh kode-kode tersebut. Untuk melihat kode-kodenya bisa 
klik disini

Catatan Blogger : Tidak Semua alat bisa sinkron dengan TV, barang elektronik yang ada, hal ini dapat dianggap wajar. Namun dibalik itu semua manfaat terbesar adalah pemindahan channel dan +/- Volume disaat  kita malas atau jauh dari jangkau televisi.
Sumber ; Thank to http://rifafaelectronic.blogspot.com/2010/08/cara-setting-remot-serbaguna.html#ixzz1VO8ebl4A
tambahan cara memperbaiki remote anda yang rusak, klik disini yuk

0 komentar:

Posting Komentar