Plataran

Minggu, 23 Januari 2011

9 Resep Liburan Lebih Fun


(c)balticholidays.com
Liburan!!! Mungkin sudah lama Anda tidak mengajak anak-anak pergi berlibur. Tak ada salahnya kan meluangkan waktu untuk berlibur bagi buah hati tercinta. Deretan ide berikut ini mungkin bisa jadi inspirasi bagi Anda.
KapanLagi.com -  



Menyewa vila
Tak cukup dana untuk menyewa sebuah vila di kawasan Puncak? Hmm, mengapa tak mengajak teman keluarga lain untuk bergabung. Selain irit, ajang kumpul antar keluarga pasti menyenangkan, apalagi jika antar suami, istri, hingga anak-anak, semuanya memiliki relasi yang baik satu sama lain. Masak bersama, makan bersama, berbincang, hingga bermain bersama, apa sih yang bisa mengalahkan kesenangan liburan jenis ini? Jadi, buruan kontak keluarga incaran dan jangan lupa ajukan cuti.


Bulan madu kedua
Tak ingin berlibur dengan keluarga lain, malah Anda berharap bisa berduaan dengan pasangan? Tenang, semua itu bisa diatur. Jika Anda dan keluarga tetap ingin berlibur di luar kota, maka Anda bisa membawa salah seorang kerabat, misalnya ibu, pembantu kepercayaan, atau siapa saja yang bisa dipercaya untuk menjaga anak-anak. Saat anak-anak sedang asyik berenang di kolam renang hotel bersama sang nenek, maka Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk breakfast berdua dengan suami tercinta. Asyik kan?

Cara lain adalah dengan mengirim anak-anak mengunjungi sanak family yang jauh, paman, nenek, atau sepupu, yang mungkin jarang mereka temui. 'Menghilangnya' buah hati dari rumah bisa Anda manfaatkan untuk bulan madu kedua bersama suami.


Libatkan mereka 
Melibatkan anak dalam perencanaan liburan bisa membuat anak merasa bahwa liburan ini benar-benar 'milik' mereka. Untuk anak yang masih kecil misalnya, Anda bisa memberikan beberapa opsi tempat berlibur untuk mereka pilih. Sedangkan untuk anak yang lebih besar, berikan pada mereka kebebasan untuk memilih kegiatan sendiri. Membiarkan buah hati mengepak sendiri pakaian mereka juga merupakan salah satu cara yang bisa membuat mereka merasa dihargai.


Cari tahu dulu yuk
Untuk bisa benar-benar meraih kesenangan maksimal selama liburan nanti, Anda perlu mencari tahu lebih dulu ragam aktivitas apa saja yang bisa dilakukan saat berlibur nanti. Di hotel tujuan misalnya, adakah kolam renang, adakah tempat bermain anak, dan di kota tujuan, apakah ada tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Liburan bisa jadi lebih asyik bila Anda tahu bagaimana akan menghabiskan waktu di sana nanti.


Persiapan total
Acara bepergian pasti menyenangkan bila jauh dari berbagai gangguan. Tak ingin terganggu oleh deadline kantor? Selesaikan atau delegasikan pada rekan lain yang bisa dipercaya, dan tinggalkan laptop kerja Anda di rumah saja. Kotak P3K sebaiknya tetap dibawa untuk jaga-jaga, demikian juga stoller jika ada adik bayi.


Jadwal boleh, tapi fleksibel ya...
Oke, Anda sudah mendaftar berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama seminggu ke depan. Tapii... ingat ya bu, ini adalah liburan yang identik dengan suasana fun. Jangan sampai anak cemberut karena dipaksa berfoto dengan singa di taman safari, hanya gara-gara "itu sudah ada dalam agenda liburan kali ini". Merencanakan sih boleh tapi jika ternyata Anda dan keluarga menemukan kegiatan sederhana lain yang lebih fun, maka abaikan saja jadwal saat itu. Deal?


Mainan tradisional
Tak banyak tempat wisata yang menarik untuk kota tujuan Anda? Jangan khawatir! Kini saatnya untuk mainan tradisional unjuk gigi. Monopoli, halma, scrabble, bingo, hingga mainan lainnya bisa jadi alternatif kegiatan bersama yang fun. Anak pun lupa pada godaan nonton TV.


Momok pakaian kotor
Liburan tak seharusnya diisi dengan kegiatan menjengkelkan seperti mencuci pakaian kotor. Ada baiknya untuk kali ini saja, Anda membiarkan jasa laundry mencucikan pakaian keluarga.


Ayo, lihat sini semua!
Liburan yang dijalani bersama dengan keluarga mungkin tak akan terulang lagi, apalagi bagi Anda yang hobi 'pindah-pindah' kota tujuan setiap kali travelling. Untuk itu, perlu ada kamera atau video untuk mengabadikan kenangan indah itu. (wo/meg)

0 komentar:

Posting Komentar